PAMAN TERTIP (PENANAMAN KARAKTER POSITIP) - UPT SD NEGERI SRENGAT 01 KAB BLITAR
1. TUJUAN INOVASI
UPT SD Negeri Srengat 01 merupakan salah satu lembaga Sekolah Dasar yang terletak di Kelurahan Srengat , kecamatan Srengat, Kabupaten Blitar. Dengan jumlah siswa sebanyak 615 pada tahun 2019 ini UPT SD Negeri layak disebut sebagai salah satu lembaga Sekolah Dasar terbesar bukan hanya di kecamatan Srengat tetapi juga di Kabupaten Blitar
Dengan semakin kencangnya globalisasi diakui atau tidak hal tersebut membawa dampak negatif terhadap perkembangan psikologi
siswa yang terdeskripsikan pada karakter siswa. Di kelas, tanggung jawab pelayanan Bimbingan konselling terletak pada guru kelas. Namun karena keterbatasan waktu yang tersedia dalam memberikan bimbingan maka harus diakui bahwa pelayanan Bimbingan konseling yang diberikan belum mampu mencapai hasil yang diharapkan.
Dengan melakukan pengamatan setiap hari terhadap tingkah laku siswa, ternyata masih banyak ditemukan siswa yang memiliki kebiasaan yang kurang sesuai dengan karakter positif di sekolah. Oleh karena itu sekolah berusaha membangun kesadaran siswa untuk berperilaku dengan karakter yang positip melalui kegiatan “ Paman Tertip”
2. KESELARASAN DENGAN KATEGORI
Ide utama program “PAMAN TERTIP” PENDIDIKAN KARAKTER adalah kesadaran anak-anak melalui perilaku dan sikap terhadap Guru dan
Orang Tua Wali Murid, dari pembiasaan sehari-hari yang dilaksanakan di lingkungan sekolah. Misalnya, membuang sampah pada tempatnya, melaksanakan budayasalim, senyum, sapa, salam dan santun. Selain itu, anak – anak sebelum masuk kelas melaksanakan baris , membacakan Pancasila dan menyanyikan lagu kebangsaan, Pembiasaan anak dengan kegiatan keagamaan.
Dengan melaksanakan kegiatan yang positif akan membangun kesadaran anak didik untuk bersikap yang baik, sopan dan santun kepada semua orang
Program PENDIDIKAN KARAKTER memberikan dampak yang sangat signifikan bagi tingkat kesadaran UPT SDN SRENGAT 01 Kabupaten Blitar terhadap pembiasaan anak anak dilingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat, karena dengan program ini anak anak melakukan pembiasan pembiasan pendidikan karakter . pendidikan karakter sangat penting bagi pendidikan suatu bangsa. Bangsa berkarakterlah yang mampu berkompetisi di tinngkat global.pendidikan kaaraktr adalah pendidikan budi pekerti plus, yaitu yang melibatkan aspek pengetahuan
(cognitive),perasaan (feeling), dan tindakan (action)
Indonesia Heritage Poundation merumuskan setidaknya terdapat senbilan pilar karakter yang berasal dari nilai nilai luhur universal, yaitu (1) karakter cinta tuhan dan segenap ciptaan-Nya (2) kemandirian dan tanggung jawab
(3)kejujuran/amanah, diplomatis (4) hormat dan santun (5)dermawan, suka tolong menolong dan gotong royong(6)percaya diri danpekerja keras (7) kepemimpinan dan keadilan (8) baik dan rendah hati, dan (9) karakter toleransi, kedamaian,dan kesatuan
Kesembilan pilar karakter itu diajarkan secara sistimatis dalam model pendidikan holistik menggunakan metode feeling loving the good, yakni bagaimana merasakan dan mencintai kebajikan . Menjadi engine yang bisa menbuat anak anak senantiasa mau berbuat suatu kebaikan
Setelah terbiasa melakukan kebaikan,maka perilaku positif itu berubah menjadi kebiasaan
PROGRAM PAMAN TERTIP dilaksanakan dengan mengaplikasikan beberapa kegiatan. Bekerja sama dengan MATAHATI CARE CENTER INDONESIA melakukan kegiatan kemah duta karakter, selain itu UPT SD NEGERI SRENGAT 01 juga mengadakan kegiatan MOTIFATION CAMP penanaman karakter positif dalam rangka implementasi kurikulum 2013 tingkat nasional Yang didalamnya termuat materi tentang (1) menegement diri (2)hypno learning and teaching (3) mind mapping (4)lesson plan (5) body language (7) public speaking (8)show time (9) hydro theraphy (10) petualangan karakter
PROGRAM PAMAN TERTIP juga mengadakan program ToT( training of trainer) bagi guru UPT SD NEGERI SRENGAT 01 yang dilaksanakan di selopuro kabupatean BLITAR
5. TRANSFERABILITAS
Kegiatan “PAMAN TERTIP” dapat dicontohkan dan bisa dilaksanakan oleh semua anak didik dan semua lembaga sekolah dasar disekitar dan
sekolah lainnya. Contohnya di Lembaga SMPN 1
Srengat, Lembaga UPT SDN Bendo 1, Lembaga UPT SDN BABADAN 01 juga telah menerapkan “PENDIDIKAN KARAKTER”.
Dengan kegiatan PENDIDIKAN KARAKTER yang sudah diterapkan oleh Lembaga UPT SD Negeri
Srengat 01 telah berimbas ke 5 lembaga dalam kelompok gugus UPT SD Negeri Srengat 01
Sehingga dengan banyak Lembaga yang melaksanakan PENDIDIKAN KARAKTER akan
berdampak baik dengan pembiasaan yang
positif untuk anak didik di Lingkungan Sekolah, Dirumah dan di Masyarakat.
6. SUMBER DAYA DAN KEBERLANJUTAN
Anggaran yang digunakan saat mulai dicanangkan nya Program PENDIDIKAN KARAKTER ini berasal dari Subsidi Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar juga dana mandiri Wali murid. Dalam pelaksanaannya melibatkan anak didik, Guru, Wali murid dan masyarakat. Sehingga kegiatan tersebut sudah terlaksana dengan baik di lingkungan sekolah dan dirumah.
Terdapat 615 anak didik, 30 tenaga pendidik, dan wali murid. Keberlanjutan dari pembiasaan tersebut telah berdampak yang baik untuk diterapkan dalam kehidupan di sekolah, dirumah dan di masyarakat
Tahun 2018/2019 dengan Program PAMAN TERTIP, UPT SD Negeri Srengat 01 Kecamatan Srengat , kabupaten Blitar berhasil mencapai beberapa prestasi yang sangat membanggakan baik di tingkat kecamatan Srengat maupun kabupaten Blitar, diantaranya :
- Peraih nilai tertinggi USBN tahun 2018 tingkat Kabupaten Blitar
- Peraih juara 1 lomba Hadrah tingkat Kabupaten Blitar tahun 2019
- Peraih juara 1 lomba Pentas Seni ajang Olimpiade PMR tahun
2018 tingkat Kabupaten Blitar
- Peraih juara 1 lomba OSN MIPA bidang IPA tahun 2019 tingkat Kabupaten Blitar
- Peraih juara 1 Lomba Baca Puisi ajang FL2S tahun 2019 tingkat Kabupaten Blitar
Program membangun kesadaran siswa untuk berperilaku dengan karakter positip merupakan bentuk pelayanan publik UPT SD Negeri Srengat 01 Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar terhadap wali murid dan masyarakat secara umum dalam membentuk generasi yang siap bukan hanya secara intelektual tetapi juga secara mental
Sejauh ini program “PAMAN TERTIP” dapat berjalan dengan baik bukan hanya karena peran Kepala Sekolah, Guru, Tenaga Kependidikan UPT SD Negeri Srengat 01 tetapi juga karena adanya dukungan yang maksimal dari segenap pemangku kepentingan diantaranya : Komite Sekolah, orang tua, dan masyarakat, serta dukungan dana yang maksimal dari Dinas Pendidikan kabupaten Blitar
9. PELAJARAN YANG DIPETIK
- Program PAMAN TERTIP ini mampu mempengaruhi sikap pembiasaan yang ada dalam diri anak untuk sadar akan pentingnya berkarakter positip bagi mereka dan secara signifikan mampu meningkatkan prestasi lembaga
- Program PAMAN TERTIP ini menunjukkan bagaimana Koordinasi Lembaga UPT SD Negeri Srengat 01 dengan Lembaga UPT SD
Negeri sekitar Srengat dengan Semua Wali Murid, Tenaga Pendidik, Wali murid beserta masyarakat mampu memonitoring dan mendukung kegiatan PENDIDIKAN KARAKTER secara konsisten dan berkelanjutan.